Apakah Merawat Kulkas Sama Seperti Merawat AC?

    Home / Elektronik / Apakah Merawat Kulkas Sama Seperti Merawat AC?

Apakah Merawat Kulkas Sama Seperti Merawat AC?

0

Banyak orang bertanya-tanya apakah untuk merawat kulkas dan juga AC itu sama? Pada dasarnya komponen dari kedua alat elektronik ini berbeda. Sehingga untuk penanganannya yang mendetail bagian-bagian tentu jelas berbeda. Namun jika dilihat secara umum perawatan yang bisa diberikan itu masih sama. Seperti membersihkan secara rutin, menggunakannya sesuai porsi dan lain sebagainya nya. Kulkas sendiri merupakan salah satu barang elektronik yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat. Kulkas terbaik merupakan kulkas yang memiliki daya guna lama dan kualitas terbaik. Banyak orang yang sering salah dalam melakukan perawatan terhadap barang elektronik yang satu ini.

Dan inilah tips bagi anda untuk merawat kulkas Anda.

1. Usahakan tidak memasukkan makanan atau minuman yang masih panas.
Cara yang pertama untuk merawat kulkas atau lemari es ini adalah jangan memasukkan makanan ataupun minuman yang masih dalam keadaan panas ke dalam kulkas. Memang pada dasarnya fungsi dari kulkas ini merupakan sebuah lemari pendingin untuk mendinginkan makanan atau minuman. Namun ada baiknya Anda tidak melakukan hal tersebut yaitu dengan memasukkan makanan atau minuman yang masih dalam keadaan panas ke dalam lemari es. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kinerja kulkas yang akan menjadi lebih berat. Sehingga masa guna dari kulkas dapat lebih lama dan tidak berburuk keadaan kulkas tersebut.

2. Mengisi kulkas secara berlebihan
Tips yang selanjutnya untuk merawat kulkas yaitu dengan tidak memasukkan bahan-bahan makanan maupun minuman secara berlebihan ke dalam kulkas. Ini akan menjadi kan kerusakan pada kulkas menjadi lebih cepat. Seperti rusak bagian rak-rak kulkas. Ada baiknya Anda memasukkan makanan atau minuman ke dalam kulkas tersebut sesuai dengan volume kulkas tersebut. Sehingga kulkas tidak murah rusak karena kelebihan muatan.

3. Bersihkan secara berkala
Yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan kulkas secara berkala. Ada baiknya Anda membersihkan kulkas Anda menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar kerak-kerak yang menempel pada kulkas dapat terangkat. Karena menggunakan air hangat membantu mengangkat kerak-kerak yang menempel menjadi lebih mudah. Anda bisa mematikan kulkas Anda terlebih dahulu sebelum membersihkannya. Selanjutnya Anda bisa mulai merendam kain untuk membersihkan di dalam air hangat dan membersihkan kotoran-kotoran yang ada di kulkas setelah menurunkan semua bahan-bahan yang sebelumnya disimpan didalam kulkas tersebut. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap yang ada di dalam kulkas karena bercampur aduk satu dengan yang lainnya.

4. Menutup pintu kulkas dengan rapat.
Tips berikutnya yaitu dengan menutup pintu kulkas dengan rapat. Tanpa Anda sadari jika Anda tidak menutup pintu kulkas dengan rapat maka penggunaan daya listrik menjadi lebih besar. Sehingga ini tidak akan baik untuk kulkas itu sendiri. Pastikan Anda menutup pintu kulkas dengan rapat setelah mengambil bahan-bahan yang ada di dalam kulkas tersebut. Sehingga masa guna dari kulkas juga akan menjadi bertahan lebih lama.

5. Memberi celah antara kulkas dengan barang elektronik lainnya.
Tips kelima ini yaitu dengan memberikan celah antara kulkas dengan barang-barang elektronik Anda yang lainnya. Yang dimaksud barang elektronik lainnya seperti dispenser, mesin cuci, TV, kompor, radio, dan alat elektronik yang lainnya. Hal ini dikarenakan setiap alat elektronik memiliki getaran yang berbeda satu dengan yang lainnya. Jika tanpa ada jarak maka akan membahayakan mesin dari masing-masing komponen. Getaran yang berbeda ini akan menimbulkan kerusakan dari alat elektronik yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu pastikan Anda memberikan celah ruang untuk kulkas dan juga barang elektronik yang lainnya.

Selain melakukan hal-hal di atas Anda juga harus memperhatikan kondensor dari kulkas. Meski ini merupakan salah satu bagian dari kulkas yang sering luput perhatian dari penggunanya. Letaknya berada di bawah belakang kulkas sehingga jarang sekali terlihat. Pastikan Anda rutin untuk membersihkan kondensor kulkas tersebut karena banyak debu-debu yang dapat menempel di bagian tersebut. Selain itu Anda juga dapat merawat kulkas dengan cara tidak selalu mematikan kulkas tersebut. Karena jika sering dimatikan maka kinerja kulkas akan semakin melemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *