Tutorial SEO untuk Pemilik Website Pemula

    Home / Blogging / Tutorial SEO untuk Pemilik Website Pemula

Tutorial SEO untuk Pemilik Website Pemula

0

SEO sangat penting khususnya bagi pemilik website. Jika kalian masih pemula, maka kalian harus belajar tentang tutorial SEO. Belajar SEO tidak bisa instant, Banyak step yang harus dilalui dan hal penting yang harus dipahami. SEO sendiri menjadi strategi paling bagus untuk menaikkan peringkat pada hasil pencarian. Bagi kalian yang ingin belajar SEO, simak panduan lengkapnya berikut ini.

Konsep Dasar SEO

Sebelum belajar tentang cara optimasi SEO, sebaiknya pahami dulu konsep dasarnya. Pada dasaranya, pemilik website ingin memperoleh peringkat tinggi di mesin pencarian. Pasalnya, orang cenderung tidak peduli dengan halaman kedua di hasil pencarian. Itulah kenapa SEO diperluka supaya peringkat website di hasil pencarian meningkat dan berada di halaman pertama.

Optimasi Website

Setelah tahu tentang konsep dasar SEO, sekarang kalian bisa belajar cara mengoptimasinya. Ini adalah langkah pertama yang harus kalian pahami. Perlu diketahui, website harus dioptimasi terlebih dahulu agar langkah-langkah SEO ke depannya lebih mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Optimasi Kecepatan Website

Pertama dan paling utama, loading website harus menjadi perhatian agar pengunjung merasa nyaman berkunjung ke websitemu. Idealnya, loading website yang bagus adalah kurang dari tiga detik.

2. Instal SSL / TSL

Website yang telah dipasangi SSL / TSL akan diutamakan oleh Google karena memberikan hasil penjarian yang jauh lebih aman. Itulah kenapa kalian perlu menginstal SSL / TSL.

3. Optimasi Perangkat Mobile

Sekarang, kebanyakan orang mengakses internet dari smartphone. Untuk itu, wajib hukumnya bagi kalian untuk mengoptimalkan performa website di smartphone.

4. Pasang Sitemap XML & HTML

Cara selanjutnya adalah dengan memasang sitemap yang terdiri dari 2 macam, yakni XML & HTML.

5. Pasang Google Analytics

Cara ini juga sangat efektif karena membantu mendapatkan data, mengetahui waktu kunjungan website, mengetahui penyebaran lokasi pengunjung, mendeteksi perangkat pengunjung, serta mengidentifikasi performa halaman web.

6. Pasang Google Search Console

Alternatif lain adalah dengan memasang Google Search Console untuk mengidentifikasi keamanan web, memeriksa broken link, mencari tahu sumber backlink, & mensubmit sitemap web.

7. Pasang Yoast SEO

Satu lagi tips mengoptimalkan website yaitu dengan memasang Yoast SEO.

Riset Keyword & Membuat Konten

Langkah selanjutnya dalam tutorial SEO adalah melakukan riset keyword. Kalian harus mencari keywrod yang paling sering dicari pengguna internet. Lalu, mulailah membuat konten yang solutif & lengkap. Kalian bisa mulai dari judul yang menarik, menambahkan gambar, dll.

Optimasi SEO On Page

Membuat konten bukan berarti tugas anda selesai. Kalian masih perlu melakukan optimasi SEO On Page. Beberapa cara yang paling populer adalah:

  1. Optimasi permalink
  2. Pemanfaatan heading
  3. Penambahan media visual
  4. Penggunaan LSI keyword
  5. Pengaturan link menjadi ‘open in new tab’

Optimasi SEO Off Page

Optimasi SEO on page saja tidak cukup. Agar lebih maksimal, kalian juga perlu melakukan optimasi SEO off Page. Jika SEO on page berkutat pada faktor internal, lain halnya dengan SEO off page yang fokus pada faktor eksternal website. Salah satu contoh faktor eksternal website yaitu inbound atau backlink.

Belajar tantang SEO tak akan ada habisnya. Sebagai pemilik website, kalian harus selalu update tentang strategi SEO yang bisa selalu berubah kapan saja. sebagai pemula, tutorial SEO di atas bisa membantu websitemu mendapatkan ranking yang bagus di mesin pencarian atau kalian bisa mengunjungi jokowarinoblog.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *