Apa Itu Virtual Account

Sudah sejak beberapa tahun ke belakang, industri e-commerce sudah semakin berkembang pesat bahkan bisa dilihat dari sistem pembayaran online yang semakin bervariasi. Salah satu metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh para konsumen untuk melakukan transaksi online yaitu virtual account. Lalu, apa itu virtual account? Layanan virtual account sebenarnya hadir untuk memberikan metode pembayaran yang sangat praktis.

Apa Itu Virtual Account?

Virtual account merupakan suatu akun rekening bank tidak nyata atau rekening virtual yang terdiri dari sejumlah nomor ID yang umumnya digunakan untuk melakukan pembayaran. Nomor ID ini akan dibuat dan diberikan oleh bank yang dipilih sesuai dengan permintaan perusahaan sehingga bisa melakukan transaksi.

Pada setiap transaksi, setiap pelanggan akan mendapatkan nomor ID virtual account yang berbeda-beda untuk melakukan pembayaran. Bahkan nomor virtual account ini juga akan berbeda pada setiap transaksi yang Anda lakukan meskipun di e-commerce yang sama.

Jenis Virtual Account

1. Fixed virtual account

Nomor virtual ini secara unik akan ditentukan untuk penggunaan dengan nomor yang sudah tetap. Misalnya ketika Anda ingin mengisi saldo e-wallet melalui bank, maka virtual account akan menggunakan nomor hp Anda sebagai nomor ID. Dengan penggunaan jenis virtual account ini, maka pengguna bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus mengecek atau request nomor ID baru ketika ingin menambah saldo e-wallet.

2. Non-fixed virtual account

Virtual account jenis ini berbanding terbalik dengan fixed virtual account. Nomor ID jenis ini akan diberikan secara acak setiap kali Anda ingin bertransaksi. Misalnya ketika Anda ingin melakukan pembayaran di e-commerce menggunakan virtual account. Anda akan mendapatkan nomor ID yang hanya bisa digunakan untuk transaksi tersebut. Jadi nantinya jika Anda melakukan transaksi baru, Anda juga akan mendapatkan nomor virtual account baru.

Cara Kerja Virtual Account

Bagaimana cara kerja virtual account? Tentunya ini berbeda dengan metode pembayaran menggunakan transfer bank yang harus dilakukan secara manual yaitu dengan memasukkan nomor rekening bank tujuan, nominal transfer, hingga catatan pembayaran hingga konfirmasi pembayaran dan mendapatkan bukti transfer yang harus disimpan untuk melakukan konfirmasi pembayaran telah sukses. Penggunaan virtual account tidak perlu lagi melakukan itu.

Dengan penggunaan virtual account, pembeli dan penjual sama-sama akan melakukan transaksi yang lebih cepat dan mudah. penjual cukup memberikan nomor ID virtual account kepada pembeli. Kemudian pembeli cukup memasukkan nomor virtual account tersebut ke kolom pembayaran khusus virtual account yang telah disediakan oleh bank baik itu dari mesin ATM, mobile dan internet banking.

Transaksi akan langsung tercatat jika sudah melakukan pembayaran. Anda tidak perlu lagi repot memasukkan nomor rekening bank yang dituju dan juga nominal pembayaran. Ketika Anda memasukkan nomor virtual account yang didapatkan, pada tampilan layar akan langsung muncul semua detail termasuk nominal pembayaran. Anda cukup melakukan pemeriksaan ulang dan konfirmasi jika sudah benar.

Dengan adanya virtual account, tentu saja ini bisa memberikan banyak manfaat baik pagi penjual maupun pembeli. Ini juga mengapa metode pembayaran ini dipilih karena kemudahan dan kecepatan dalam proses pembayaran. Penjual juga tidak perlu repot mengecek bukti pengiriman karena sudah tercatat secara otomatis di sistem.

Midtrans adalah payment gateway yang bukan hanya akan memudahkan bisnis Anda dalam menerima berbagai jenis metode pembayaran namun juga untuk memudahkan proses integrasi dan pengaturan. Anda juga bisa mengaktifkan BCA Virtual Account (BRIVA) melalui Midtrans dengan cara yang mudah. Dengan Midtrans, pembayaran akan lebih cepat dan mudah bahkan menerima notifikasi melalui BCA Virtual Account.