Kendaraan roda empat saat ini menjadi salah satu alat transportasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, tidak sedikit masyarakat yang mengambil mobil kredit demi memenuhi kebutuhannya tersebut. Namun, kredit mobil baru seringkali memberatkan karena harganya yang terlalu mahal, sehingga pembayaran cicilannya pun cukup besar setiap bulannya. Oleh karena itu, banyak yang mengambil alternatif untuk memilih kredit mobil bekas.

Mencicil mobil bekas tentu saja cukup ringan. Harganya yang terbilang murah membuat Anda tidak keberatan dalam membayar cicilannya setiap bulan. Lalu, apa saja keuntungan pengajuan kredit mobil bekas? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Uang Muka Lebih Ringan

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan, yaitu uang muka yang lebih ringan dibandingkan dengan mobil baru. Berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, uang muka yang ditetapkan untuk pembelian kendaraan bermotor, yaitu 25% sampai 35% dari harga asli mobil tersebut.

2. Proses yang Lebih Cepat

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu proses administrasi yang lebih cepat dibandingkan dengan proses administrasi untuk mobil baru. Dengan demikian, hal ini bisa mempersingkat waktu Anda, dan mobil pun bisa segera digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, biasanya hanya lembaga-lembaga tertentu saja yang memberikan kemudahan administrasi untuk melakukan kredit mobil bekas.

3. Mendapatkan Asuransi Tambahan

Keuntungan dari kredit mobil bekas lainnya, yaitu bisa mendapatkan asuransi tambahan. Asuransi kendaraan berfungsi sebagai proteksi bagi kendaraan Anda jika sewaktu-waktu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, kehilangan, kerusakan, dan lain sebagainya.

4. Cicilan yang Lebih Ringan

Biaya cicilan kredit untuk mobil bekas cenderung lebih murah dibandingkan dengan cicilan mobil baru. Hal ini tentu saja sangat meringankan Anda, dan bisa dilunasi dengan waktu yang cukup singkat. Anda bisa memilih waktu pelunasan yang sesuai dengan kemampuan, seperti 12 bulan, 24 bulan, dan lain sebagainya.

Sebelum Anda membeli mobil bekas, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini.

Tempat Jual Beli Mobil Bekas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan, yaitu memilih tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan yang diinginkan.

1. Kondisi Mesin

Mobil bekas umumnya sudah digunakan oleh pemiliknya sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan kondisi mesinnya masih prima agar Anda bisa lebih leluasa memakainya.

2. Kelengkapan Dokumen

Selain kondisi mesin, pastikan juga dokumen dan surat-surat berharga mobil tersebut lengkap dan masih berlaku. Pastikan BPKB dan STNKnya ada.

3. Pengecekan Fisik

Agar lebih pasti, Anda bisa melakukan pengecekan fisik ke Samsat terdekat. Anda bisa mengecek STNK dan BPKB mobil tersebut apakah masih bisa digunakan atau tidak.

Jika Anda sudah mantap untuk membeli mobil bekas secara kredit, segera kunjungi website Garasi.id. Di platform tersebut, Anda bisa dengan mudah membeli mobil secara kredit dengan partner lembaga yang sudah terpercaya, seperti BCA Finance, Dipo Star Finance, dan BCA Syariah.

Adapun cara pengajuan kredit mobil di Garasi.id, yaitu pilih mobil dan leasing yang Anda sukai, lalu isilah formulir data diri dan paket kredit yang sesuai dengan DP, dan terakhir tunggu konfirmasi proses kredit dari pihak Garasi.id untuk menginformasikan penjual dan pihak leasing terkait dengan pengajuan kredit mobil bekas Anda.

Itulah informasi singkat mengenai cara kredit mobil bekas yang mudah. Pastikan Anda memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan agar nantinya mobil yang dibeli bisa dimanfaatkan secara maksimal.