Cara Mengatasi Efaktur Pajak Eror

Saat menggunakan efaktur pajak untuk melakukan proses pembayaran pajak, tak jarang Anda menemui kendala. Salah satu kendala yang umum ditemukan adalah masalah error pada e-Faktur. Kondisi eror yang terjadi pada e-Faktur memiliki banyak penyebab. Oleh karena itu, untuk bisa mengatasinya, Anda tentu harus mengetahui masalah eror itu sendiri

Penyebab e-Faktur Pajak Eror

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan efaktur tidak bisa dibuka atau eror. Berbeda masalah yang ditimbulkan, tentu berbeda pula cara penanganannya. Oleh karena itu, sebelum mencari solusi, cermati dulu kendala apa yang menyebabkan aplikasi efaktur Anda tidak bisa dijalankan. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kemungkinan eror antara lain:

  1. Database ETAX Invoice mengalami masalah
  2. Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) salah dimasukkan
  3. PKP e-Faktur yang digunakan merupakan versi lama
  4. Sertifikat e-Faktur yang digunakan sudah kedaluwarsa

Cara Mengatasi e-Faktur Pajak Eror

Setelah mengetahui beberapa penyebab errornya e-Faktur, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi masalah eror pada e-Faktur.

1.      PKP e-Faktur yang Digunakan Merupakan Versi Lama

Jika masalah eror e-Faktur terjadi karena PKP yang digunakan termasuk kedalam versi lama sehingga tidak bisa dibuka, maka Anda hanya perlu melakukan update atau pembaharuan e-Faktur ke dalam versi terbaru

2.      Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) Salah Dimasukkan

Jika masalah eror terjadi karena kesalahan input NSFP, maka hal yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa kembali nomor seri yang benar. Pastikan untuk memasukkan digit angka yang sesuai agar efaktur pajak bisa dibuka tanpa kendala. Untuk meminimalisir kesalahan atau eror, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan atau pengecekan NSFP kembali sebelum input.

3.      Sertifikat e-Faktur yang Digunakan Sudah Kedaluwarsa

Adakalanya eror yang muncul pada efaktur terjadi karena masalah masa berlaku sertifikat elektronik. Jika masalah eror terjadi karena sertifikat yang kedaluwarsa, maka Anda harus segera melakukan perpanjangan sertifikat. Masukkan sertifikat elektronik baru yang sudah diperpanjang untuk mengatasi eror pada e-Faktur.

Sertifikat e-Faktur sendiri memiliki masa berlaku hingga 2 tahun. Oleh karena itu, jika suatu saat e-Faktur yang Anda gunakan eror, coba periksa kembali masa berlaku sertifikat. Bisa jadi, sertifikat e-Faktur yang Anda miliki sudah melewati batas masa berlaku sehingga perlu diperpanjang kembali.

4.      Database ETAX Invoice Mengalami Masalah

Kondisi eror pada e-Faktur juga dapat terjadi karena database ETAXInvoice mengalami masalah. Biasanya aplikasi e-Faktur akan menampilkan keterangan “Jalankan Aplikasi dari ETAXInvoice” jika terjadi kondisi eror. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan antara lain:

  • Download aplikasi e-Faktur terbaru sesuai dengan sistem operasi Windows yang digunakan
  • Lakukan ekstrak hingga folder e-Faktur terbentuk
  • Lakukan backup folder database pada aplikasi e-Faktur lama
  • Ekstrak backup dan jalankan ETAXInvoice
  • Jalankan Aplikasi e-Faktur baru
  • Jika prosesnya sudah berjalan normal, maka upload sertifikasi elektronik pada program e-Faktur yang baru
  • E-Faktur sudah siap digunakan kembali

Secara umum, masalah eror yang hadir pada efaktur bisa diketahui dari kode yang hadir pada keterangan. Beberapa kode yang biasa muncul antara lain ETAX-API, ETAX Service, dan ETAX. Untuk menghindari masalah eror permanen, maka Anda juga bisa menggunakan aplikasi berbasis web.

Itulah tadi beberapa penyebab errornya efaktur pajak dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Untuk membuat dan mengelola e-Faktur lebih mudah dan cepat, Anda juga bisa menggunakan aplikasi KlikPajak.