Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar (ABD) adalah satu alat yang paling banyak dicari karena sebagai salah satu solusi untuk dapat memperkuat penerimaan suara yang kurang jelas sekaligus mengurangi suara latar yang keras. Meskipun begitu tidak dapat mengembalikan pendengaran seseorang secara normal, tetapi ABD hanya bisa membuat seseorang dapat mendengar dengan pendengaran yang lebih baik.

Apalagi indera pendengaran menjadi hal yang penting dalam berbagai aspek aktivitas keseharian. Jika tidak segera ditangani, seiring waktu kualitas pendengaran, daya kognitif, gangguan ingatan, dan juga kesehatan dapat menurun secara menyeluruh. Oleh karenanya, ABD bukan hanya memudahkan komunikasi para pengguna, tetapi juga dapat mencegah berkembangnya gangguan pendengaran menjadi gangguan mental dan juga kesehatan pada umumnya.

Namun, memilih alat bantu dengar yang satu ini harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Pasalnya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli ABD. Perlu diketahui bahwa alat yang satu ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu microphone, amplifier, dan juga speaker. Suara akan masuk melalui microphone untuk diubah menjadi sinyal elektrik dan juga mengirimnya ke amplifier. Selanjutnya, amplifier akan meningkatkan kekuatan sinyal dan juga mengirim suara ke telinga melalui speaker.

Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis ABD berikut kisaran harganya bagi yang akan membutuhkan.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

ABD sendiri terdiri dari beragam jenis, fitur, serta ukuran. Berikut ini ada berbagai tipe ABD yang termasuk dalam karakteristiknya:

In the canal (ITC)

Alat bantu dengar yang satu ini secara khusus dibuat untuk membantu para pasien dewasa yang menderita gangguan pendengaran ringan hingga sedang. ITC telah didesain agar bisa masuk ke sebagian saluran telinga. Jadi, alat yang satu ini tidak direkomendasikan bagi pasien dengan gangguan pendengaran yang sangat parah.

  • Tidak terlalu mencolok di telinga.
  • Speaker rentan penyumbatan kotoran telinga.

In the ear (ITE)

Alat bantu dengar yang satu ini telah didesain untuk diletakkan di area tepat di luar lubang telinga sehingga hanya terlihat dari depan. Alat yang satu ini juga sangat sesuai bagi mereka yang memiliki gangguan pendengaran ringan hingga berat.

  • Mudah dan juga memakai baterai yang lebih besar sehingga lebih tahan lama.
  • ABD yang satu ini lebih terlihat dibandingkan jenis lain yang lebih kecil.
  • Terdapat kontrol volume.
  • Speaker rentan tersumbat oleh kotoran telinga.

Behind the ear (BTE)

Alat bantu dengar yang satu ini merupakan jenis yang paling umum digunakan untuk berbagai gangguan pendengaran ringan hingga parah. Penggunaannya diletakkan persis di belakang telinga bagian luar terhubung pada lubang suara khusus di saluran telinga.

  • Suara juga bisa lebih dikeraskan.
  • Lebih bising karena menangkap lebih banyak suara angin.
  • Modifikasi bentuk saat ini lebih kecil.

Receiver in the ear (RITE)

ABD yang satu ini sesuai untuk hampir sebagian besar orang yang mengalami gangguan pendengaran. Bentuknya yang lebih kecil dari alat yang berada di belakang telinga dan juga dapat dihubungkan oleh kabel tipis ke speaker yang diletakkan di dalam lubang telinga.

  • Hampir sama dengan BTE, tetapi tidak terlihat mencolok.
  • Speaker rentan penyumbatan kotoran telinga.

Kisaran Harga Alat Bantu Dengar

Tidak perlu khawatir, jika kamu mengalami gangguan pendengaran dan juga sangat membutuhkan alat bantu dengar. Pasalnya, tersedia beragam jenis ABD dengan harga beragam mulai yang termurah ratusan ribu hingga jutaan. Alat Bantu Dengar termurah bisa dibeli secara online mulai dari Rp100.000 yang berfungsi sebagai pembesar volume suara dan juga termahal hingga Rp8,5 juta yang full digital. Tentunya pilihan jenis dan juga harga yang satu ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang berbeda-beda.