Pentingnya Belajar Flutter dan Tempat Kursus IT yang Tepat

Flutter penting dalam sebuah pemrograman sehingga umumnya para programmer juga akan belajar Flutter untuk mengembangkan skill mereka. Flutter adalah sebuah alat yang umumnya digunakan untuk membantu merancang aplikasi baik antar platform Android dan iOS yang menggunakan satu basis kode atau secara native cross-platform.

Ini maksudnya bukan merancang aplikasi yang dibungkus native app melainkan Anda membangun aplikasi yang nantinya akan didistribusikan ke Google Play Store atau Apple App Store. Menggunakan Flutter memberikan keuntungan karena hanya dengan satu bahasa pemrograman saja Anda (Dart) dan satu code base, Anda sudah bisa membuat dua aplikasi berbeda.

Biasanya, Anda membutuhkan kode Swift / Objective C untuk membangun iOS termasuk menggunakan iOS Development Environment sedangkan untuk aplikasi Android biasanya membutuhkan Kotlin atau Java dan Android Development Environment.

Flutter terbagi menjadi dua yaitu Flutter Flamework dan Flutter SDK. Flutter Framework menyediakan fungsi dan elemen UI dari bahasa pemrograman Dart sedangkan Flutter SDK adalah kumpulan peralatan yang digunakan unuk mengembangkan aplikasi Android dan iOS.

Flutter juga memiliki stateful hot reload yang merupakan sebuah fitur yang akan memunculkan hasil coding Anda di virtual machine sehingga bisa langsung melihat perubahannya. Fitur ini akan membantu Anda melihat perubahan secara langsung dan lebih efektif tanpa memakan banyak waktu. Perubahan tampilan ini akan langsung terlihat sekitar 0,2 detik.

Terkadang kita juga butuh membuat aplikasi bisa diakses melalui desktop. Anda harus memastikan bahwa tampilan yang kecil awalnya untuk smartphone kemudian harus diubah tambilannya di layar besar desktop. Bukan itu saja, aplikasi juga harus bisa menerima input dari pengguna.

Namun jika menggunakan Flutter, Anda bisa menambahkan MediaQuery dan aplikasi sudah memiliki tampilan yang cocok diakses melalui desktop. Anda juga bisa menambahkan backspace yang bertujuan untuk menutup dialog yang bisa ditambahkan sedikit baris kode menggunakan RawKeyboardListener.

Jadi, Flutter sebenarnya juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi web dengan dukungan widget untuk aplikasi mobile yang juga bisa digunakan di aplikasi berbasis web. Dart nantinya akan diterjemahkan ke CSS, HTML, dan Canvas kemudian melalui Dart2js compiler sebelum akhirnya menjadi JavaScript.

Review Tentang Course-Net

Course-Net dibuat untuk Anda yang ingin mengembangkan skill Anda dengan spesialisasi yang lebih jelas misalnya cyber security specialist, mobile apps developer, digital marketer, web apps developer, network specialist, atau data scientist.

Kita tahu bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah semakin berkembang sehingga skill yang spesifik dalam IT memang sangat dibutuhkan. Course-net tidak akan pernah mengecewakan Anda dan merupakan pilihan terbaik untuk Anda.

Course-Net berbeda seperti tempat training pada umumnya karena Anda bukan hanya akan mendapatkan training di Course-Net namun juga akan diberikan coaching, mentoring, dan juga mendapatkan berbagai pelajaran yang nantinya sebagai practice di dunia pekerjaan. Pengalaman dan pengetahuan akan banyak didapatkan di sini.

Terkendala masalah pembayaran? Tidak perlu khawatir karena cukup bayar 1x dan Anda akan diajarkan materi hingga bisa. Anda masih bisa mengikuti ulang kelas secara gratis apabila masih ada yang tidak dimengerti.

Bukan hanya materi, Anda akan disuruh untuk melakukan praktek apa yang telah diajarkan. Dengan langsung melakukan praktek, Anda akan bisa lebih menguasai materi tersebut dengan baik. coach yang membimbing Anda juga telah diseleksi yang merupakan coach kelas dunia. Cobalah untuk mengunjungi Course-Net yang merupakan kursus IT terbaik untuk meningkatkan skill IT Anda.