Kursi Makan Anak

Saat anak menginjak usia 6 bulan, sudah mulai diajarkan untuk konsumsi makanan selain asi atau dikenal dengan makanan pendamping asi. Untuk meningkatkan kemandirian anak, anda bisa mengajarkannya untuk duduk sendiri di kursi makan. Saat ini sudah tersedia kursi makan khusus untuk anak. Dengan ukuran dan model yang berbeda-beda. Bisa digunakan anak saat usia 6 bulan hingga bisa duduk sendiri di kursi biasa. Dengan membiasakan anak duduk di kursi makan, dia akan terbiasa makan dengan tenang tanpa harus diajak berjalan-jalan.berikut ini tips memilih kursi anak untuk makan yang aman.

Material Kursi Anak

Saat membeli kursi makan anak, hal pertama yang harus anda lihat adalah material atau bahannya. Pilihlah kursi makan yang terbuat dari besi, plastik fiber atau kayu. Bahan ini lebih mudah dibersihkan dibandingkan kursi yang berlapis kulit atau kain. Apalagi saat belajar makan,anak akan berantakan dan semua makanan tercecer. Selain itu materialnya lebih kokoh membuat anak lebih aman berada diatasnya. Untuk bagian dudukan bisa ditambahkan bantalan, sehingga pantat anak tidak pegal.

Tinggi Kursi Harus Sesuai Usia

Kursi makan memiliki tinggi yang bermacam. Ada yang pendek dan ada yang tinggi. Jika anda ingin mengajak anak makan bersama di meja makan biasa. Sesuaikan tinggi kursi makan dengan meja atau kursi makan biasa, sehingga anda lebih mudah menjangkau dan mengawasinya. Jika ingin mengajarkan makan secara terpisah, bisa memilih kursi makan yang lebih pendek. Sehingga lebih aman,jika anak duduk sendiri di kursi tersebut.

Keamanan Kursi Makan Anak

Jangan hanya memperhatikan kenyamanan kursi, anda juga harus memperhatikan keamanan kursi makan anak. Pilihlah kursi yang minim risiko jatuh atau kecelakaan. Pastikan kaki kursi makan kokoh dan tidak mudah goyang. Tidak ada fitur yang tajam dan mengganggu keselamatan anak. Selain itu tidak ada baut atau paku yang menonjol. Apalagi buat anak yang bobotnya besar, anda harus memperhatikan keamanannya dengan baik.

Pilih Kursi Yang Berwarna -warni

Anak-anak pasti suka dengan sesuatu yang ceria dan warna warni. Supaya anak lebih betah duduk di kursi tersebut, anda bisa memilih kursi anak yang berwarna warni. Anda juga bisa menambahkan fitur mainan yang bisa membuat anak semakin betah duduk atau makan diatasnya. Dengan duduk di kursi kesukaan, dia akan menganggap makan bukan suatu hal yang menakutkan. Tapi suatu hal yang menyenangkan.

Kursi Makan Anak Mudah Dipindahkan

Jangan membeli kursi makan anak yang terlalu berat, sehingga susah dipindahkan. karena kursi makan tersebut tidak hanya digunakan untuk makan saja.. tapi juga bisa digunakan untuk bermain, mengerjakan sesuatu, ngemil dan lainnya. anda bisa menaruhnya di depan tv, meja makan, tempat bermain dan masih banyak lainnya. kursi yang ringan pun, akan lebih aman jika anak terjatuh. Tapi pastikan jangan terlalu ringan. Masih ada beban di kursi tersebut.

Saat ini ada banyak jenis kursi makan anak di pasaran. Ada yang berukuran tinggi, pendek dan lainnya. bahkan sekarang ada yang terbuat dari bahan balon dan busa. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kondisi anak anda. pastikan anak anda nyaman duduk di kursi anak tersebut. cek juga kondisi punggung dan kaki anak. Harus terlihat nyaman, supaya tidak membuat kaki dan punggungnya sakit. Demikian informasi yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.